Apakah Etoro Benar Memberikan Passive Income? Ini Pengalaman Saya

Selama 2 tahun terakhir saya melakukan eksperimen menggunakan fitur copy trader yang disediakan etoro. Dibawah ini adalah hasil yang saya dapatkan

Apa Yang Saya Lakukan?

Saya menginvestasikan masing-masing $1000 kedalam 5 trader terbaik yang ada di etoro. Trader yang saya pilih memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Sudah trading lebih dari 6 bulan
  2. Sudah menghasilkan keuntungan diatas 10%
  3. Merupakan trader yang paling banyak di copy di etoro
  4. Memiliki drawdown dibawah 5%

Singkatnya 5 trader yang saya pilih merupakan trader yang memiliki copier terbanyak di etoro. Nama-namanya saya buat dibawah ini:

  1. JeppeKirkBonde
  2. OlivierDanvel
  3. MarianoPardo
  4. liborvasa
  5. liborvasa

Bagaimana Hasilnya?

Dari 5 trader yang saya copy, dibawah ini saya jabarkan hasilnya dengan peridoe waktu Januari 2018 – Januari 2020:

1. JeppeKirkBonde

Trader dengan username JeppeKirkBonde memberikan saya keuntungan 27% selama 2 tahun. Modal yang saya investasikan senilai $1000 menjadi $1270, keuntungan yang saya anggap lumayan.

2. OlivierDanvel

Trader OliverDanvel memberikan saya keuntungan 28% dalam 2 tahun, performa nya hampir mirip dengan JeppeKirkBonde diatas, hanya saja dia memberikan risiko yang lebih kecil sehingga jika sewaktu-waktu kita ingin menarik uang, maka kita bisa lakukan kapan saja tanpa takut mengalami kerugian.

3. MarianoPardo

MarianoPardo sudah trading di etoro sejak tahun 2013. Ketika saya mengcopy dia 2 tahun terakhir saya mendapatkan keuntungan 26.5%.

4. liborvasa

liborvasa adalah trader yang memberikan return tertinggi dari trader lainnya yang saya invest di etoro. Modal $1000 menjadi $1520, Saya mendapatkan keuntungan 50% selama 2 tahun.

5. Wesl3y

Pada tahun 2018 trader dengan username Wesl3y memberikan saya kerugian -32%, tetapi untungnya pada tahun 2019 dia mengembalikannya. Secara total keuntungan 2 tahun dari Wesl3y adalah 11%. Saya berencana berhenti mencopy dia dan memindahkan ke trader lain.

Keuntungan rata-rata

Dari kelima trader diatas. saya mendapatkan keuntungan rata-rata 30% selama Januari 2018 – Januari 2020. Modal deposit saya $5000 menjadi $6500.

Apakah Saya Merekomendasikan Etoro?

Memilih trader mana yang akan kita copy menjadi hal yang tersulit yang saya rasakan di etoro. Alasannya karena hasil yang ditampilkan adalah hasil masa lalu, sehingga kita tidak mengetahui dimasa depan apakah hasilnya tetap bagus atau tidak. Karena itu saya buat kriteria khusus sebelum memilih trader.

Saya merekomendasikan etoro jika Anda berinvestasi jangka panjang, tetapi jika hanya jangka pendek maka saya tidak merekomendasikan-nya. Anda harus mengerti dan siap melakukan cut loss ketika trader yang anda copy mengalami kerugian yang tidak ter-kontrol, selain itu anda juga harus siap menahan kerugian jika trader yang anda pilih memilih untuk melakukan strategi floating.

Tips menggunakan Etoro

Diversifikasi

Saya merekomendasikan diversifikasi modal Anda. Jika Anda memilih modal $1000 maka bagikan ke 5 trader, jangan investasi-kan semua kedalam 1 trader. Saya pernah investasi ke trader yang saat itu performa-nya bagus, tetapi 3 bulan kemudian performa-nya anjlok sehingga saya menjadi rugi.

Gunakan CopyPrortfolio

Jika Anda ragu trader mana yang harus di copy maka saya sarankan investasikan saja pada CopyPortfolios. Produk ini adalah komposisi algoritma etoro yang secara otomatis mendiversifikasikan investasi Anda. Anda tidak perlu berurusan dengan statistik trader juga stop loss dan take profit.

Jangan Invest Pada Trader Yang Sedang Naik Daun

Meskipun menggiurkan, jangan pernah berinvestasi pada trader yang sedang naik daun. Karena sepengalaman saya hampir semua trader yang naik daun ujung-ujungnya mengalami kerugian besar. Trader yang naik daun adalah trader yang mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close