Cara Investasi Saham di eToro

Apa itu saham?

Saham adalah surat berharga yang diterbitkan oleh perusahaan yang menyatakan bahwa pemilik surat itu adalah juga pemilik perusahaan. Tetapi ini bukanlah tujuan utama kita karena disini kita sedang mencari keuntungan kan?

Potensi Keuntungan dari saham

Nah jadi saham itu ada nilai capital gainnya, maksudnya adalah jika perusahaan kinerjanya bagus maka harga sahamnya akan naik dan begitu sebaliknya.

Di eToro kita bisa membeli CFD pada saham perusahaan besar seperti Google, Apple, Microsoft dan banyak lagi.

Contoh langsung adalah Katakanlah saya membeli saham Google sebesar $100 pada harga $200/lembar (saya akan dapat sekitar 0.5 lembar saham) nah saya akan pegang saham ini selama 2 bulan, kemudian dibulan ke dua Google merilis laporan keuangan yang menyatakan peningkatan keuntungan perusahaan, nah maka otomatis saham saya akan naik. Yang awalnya saya beli dengan modal $100 ketika saya jual jadi $150 sehingga saya untung $50.

Saham Cocok Untuk Siapa?

Saham cocok untuk mereka yang memiliki modal paling sedikit $1000. Karena investasi di saham ini adalah baiknya jangka panjang. Jadi dengan modal yang lebih besar anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar pula.

CFD pada saham seperti Apple, Facebook, Google, Tesla, Netflix dan Amazon. Ini adalah jenis perusahaan yang tidak ada matinya, masih banyak CFD lainnya di eToro silahkan anda riset sendiri nanti.

Bagaimana cara membeli saham di eToro?

  • Langkah 1 – Masuk ke Akun eToro anda (jika belum punya akun klik disini untuk mendaftar) *66% of retail CFD accounts lose money

  • Langkah 2 – Klik Markets kemudian klik stocks

  • Pilih saham yang akan di beli

    Pilih Saham
    Indicative prices; current market price is shown on the eToro trading platform. This is not investment advice or investment recommendations.
  • Dalam contoh ini saya memilih saham facebook kemudian klik BUY 

    Saham facebook
    Indicative prices; current market price is shown on the eToro trading platform. This is not investment advice or investment recommendations.
  • Setelah klik BUY maka akan muncul seperti dibawah ini.

    Cara membeli saham di eToro
    Indicative prices; current market price is shown on the eToro trading platform. This is not investment advice or investment recommendations.
  • Perhatikan gambar diatas, penjelasannya bisa dilihat dibawah ini

  1. Trade itu untuk beli saham langsung
  2. Amount adalah jumlah dana yang akan digunakan untuk membeli saham
  3. Units adalah jumlah berapa lembar saham yang akan didapat dengan dana anda
  4. Of equity ini adalah berapa persen dana yang anda gunakan untuk membeli saham tersebut
  5. Stop Loss ini fungsinya adalah jual otomatis, jika anda atur disini maka saham anda akan di jual otomatis jika sudah rugi atau harga saham turun sesuai pengaturan yang anda buat di Stop Loss.
  6. Leverage ini adalah tumpuan, dengan menggunakan leverage anda bisa meminjam dana eToro sehingga memungkinkan anda membeli saham lebih besar dari saldo yang dimiliki. Anda bisa menggunakan X1 yang artinya tidak menggunakan leverage.
  7. Take profit itu adalah kebalikan stop loss, fungsinya untuk menjual saham anda secara otomatis ketika sudah untung atau harga sama naik sesuai pengaturan yang anda buat di Take Profit.
  8. Overnight fee adalah bunga, Maksudnya adalah jika anda menggunakan leverage maka anda akan membayar bunga ke eToro. Besaran bunga tergantung leverage yang digunakan. Karena leverage itukan kita pinjam uang, maka otomatis pake bunga, nah disini akan kelihatan berapa bunga yang harus dibayar dihitung perhari. Kalau menggunakan leverage X1 (tanpa leverage) maka tidak ada bunga.

 

 

Disclaimer:
eToro is a multi-asset platform which offers both investing in stocks and cryptoassets, as well as trading CFD assets.

Please note that CFDs are complex instruments and come with a high risk of losing money rapidly due to leverage. 66% of retail investor accounts lose money when trading CFDs with this provider. You should consider whether you understand how CFDs work, and whether you can afford to take the high risk of losing your money.

Cryptoassets are volatile instruments which can fluctuate widely in a very short timeframe and therefore are not appropriate for all investors. Other than via CFDs, trading cryptoassets is unregulated and therefore is not supervised by any EU regulatory framework.

Past performance is not an indication of future results.

2 Comments

  1. Berarti bisa rugi dong pak kalau kita membeli saham perusahaan yang tidak kita ketahui. cara investasi di goolge gimana nyarinya pak

    1. Tentu saja bisa rugi dalam investasi saham, karena itu jangan membeli saham pada perusahaan yang tidak kita ketahui.\

      Gunakan google untuk referensi sebelum memutuskan membeli saham sebuah perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close